...........|| Monday, April 7, 2008 ||

mimbar siswa edisi maret-juni 2008

Kemanakah Perginya Imersi?


Ditulis oleh Aeyulfa, X AK1

Suatu hari terjadi suatu percakapan di sekolah, “imersi, kenapa kamu tidak keluar?” lalu Imersi menjkawab, “Sekarang, mungkin aku sudah tidak dibutuhkan lagi Jawaban itu keluar dari Imersi.”Sebenarnya, kalian tahu tidak, imersi itu siapa? Apakah laki-laki atau perempuan; atau mungkin, makhluk apa sebenarnya dia itu? Ketahuilah, dia bukan makhluk ajaib atau alien yang turun ke bumi; tetapi dai hnaya buatan manusia yang setelah dibuat pergi entah ke mana.
Apakah imersi itu?
Imersi adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di SMK N 1 Batang, yang menitikberatkan kepada penguasaan bahasa Inggris secara lisan. Di SMK N 1 ini, dulu, tidak ada kegiatan seperti ini. Hari demi hari, tahun demi tahun,mulai muncul kegiatan ekstra yang bertujuan untuk pemgembangan bahasa Inggris yang l;ebih intensif. Dahulu kegiatan seperti ini bernama English Club. Saat muncul English Club, banyak sekali siswa-siswi yang bergabung. Mereka mengikuti kegiatan ini denagn keinginan dan semanagat sendiri. Tetapi, lama-lama kegiatan ini sepi pengunjung. Entah angin apa yang telah membawa pergi kegiatan ini.
Sebenarnya, apakah manfa’at kegiatan ini? Di sekolah ini, mulai dari SD samapi ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, bahasa Inggris dipelajari. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Dalam dunia kerja, kita dituntut menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, demi kelancaran komunikasi bisnis. Kita bekerja tidak hanya dengan orang sendiri (Indonesia), tetapi juga dengan bangsa lain.Jika kita tidak mengerti bahasa mereka, bagaimana kita bisa bekerja sama? Dalam perkembangan dunia yang semakin maju, kita harus dapat menguasai bahasa itu. Mulai dari SD sampai SLTA, kita belajar bahasa Inggris; tetapi tetap saj kiat belum bisa lancar berbicara dalam bahasa tersebut.
Sebagai siswa SMK, perlukah kita terhadap kegiatan itu? Bahasa Inggris bukanlah bahasa kita. Itu sebabnya bahasa Inggris sulit kita pelajari. Itulah yang menjadikan kita masih perlu dengan imersi.
Sebenarnya, apa penyebab menghilangnya imersi? Kita harus tahu apa penyebabnya. Pertama, banyak peserta imersi yang bergabung di lebih dari satu kegiatan ekstra. Selain itu, imersi dilaksanakan selama empat hari; yaitu, Senin, Selasa, rabu dan Kamis. Awalnya memang tidak ada masalah. Tetapi, lambat-laun, ternyata kegiatan itu menyita banyak waktu mereka. Mereka merasa sulit membagi waktu. Dan, akhirnya mereka cenderung memilih kegiatan yang lebih wajib; misalnya, les komputer, daripada mengikuti kelas imersi. Kedua, karena semakin banyaknya anak yang kekuar dari imersi, maka anak yang tersisa (yang masih aktif) menjadi malas dan kurang berminat lagi.
Kita sebenarnya tetap membutuhkan imesi; tetapi peseta dan dan pendidik haruslah saling bekerja sama, antara motivator dan yang meneima motivasi. Dan lagi, mungkin lebih baik kalau imersi nanti muncul cukup sekali atau dua kali dalam seminggu. Walaupun waktunya sedikit, kita dapat mengembangkan bahasa Inggris yang telah kita kuasai. Tetapi, apa mungkin imersi akan muncul lagi?
Where is Imersi? I really do not know.



...Kemana perginya Immersi

 0 Comments:

Post a Comment

<< Home