...........|| Tuesday, September 8, 2009 ||

artikel siswa edisi 21

Baca Dulu, Jika Ingin Dapatkan AKu






Dengan membaca kita dapat membuka jendela dunia (bener kan?). Mengungkap dan menyelusuri akan semua ataupun sebagian hal yang belum dimengerti (luas bangets ci. .he. .. he ..) ya dengan membaca tentunya.
Membaca merupakan suatu proses yang strategis dan interaktif. Mengapa dikatakan demikian? Kebiasaan membaca yang dimulai sejak dini akan dapat meningkatkan kemampuan untuk menikmati unsur-unsur grafis yang ada didalam buku tersebut, misalnya mengenai warna, pesan yang akan disampaikan dan lain-lain (lain-lainnya apa itu? Baca dulu ya?).
Ada beberapa teknik membaca supaya dapat menemukan info fokus dengan efisien, yaitu:
1. Baca Pilih (sekilas)
2. Baca Lompat (Skipping)
3. Baca Layap (Skimming)
4. Baca Tatap (Scanning)

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, antara lain :
1. Memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasan. Nah......kalau sudah begini, kita akan lebih mempu menjawab tantangan hidup pada masa mendatang (ingat ya....zaman semakin modern).
2. Dengan membaca dapat memberi kesempatan untuk belajar melalui kehidupannya. Belajar disini akan menambah kedewasaan kita, misalnya dalam mengambil suatu keputusan supaya tidak asal (kalau asal nanti nyesel lagi, ya nggak?).
3. Memperkaya Perbendaharaan Kata dan Bahasa Siapa yang gemar membaca, maka akan meningkatkan kosakata & kecakapan yang dimilikinya (lebih berwibawa dunk, so pasti).
4. Melatih Emosional dan Mental
Buat yang sering demam panggung alias grogi, sering-sering aja baca dech membaca.. Demam panggung biasanya disebabkan karena kurang percaya diri, kenapa sich? Pernah ada yang menjawab karena takut kalau ditanya sesuatu tidak bisa menjawab. Nah.....solusinya apa coba....MEMBACA, ya nggak???
5. Meningkatkan Imajinasi
Dari membaca kita dapat mengeluarkan ide-ide yang terpendam. Duh....kan mubadzir...siapa tahu nanti dengan menulis kita dapat menjadi orang terkenal (Amin...siapa tahu ya).
Biar membaca lebih asyik...maka jadikan membaca menjadi bagian dari hidup. Bukankah sebagai pelajar yang masih mencintai iman membaca merupakan bagian dari ibadah? (tapi ilmunya diamalkan ya!). Ada beberapa tips supaya belajar lewat membaca lebih asyik, nach ini dia...Kobarkan dengan 5 :
1. Niat
2. Cita-cita yang dahsyat
3. Paham akan manfaat
4. Dengan sumber ilmu dikit (kan proses, jadi jangan banyak-banyak dulu,he...he...)
5. Gigih (jangan setengah-setengah ya, langsung aja maju pantang mundur, ok).

Niat yang benar membuat belajar menjadi ringan, cita-cita yang besar membuat belajar punya tujuan. Nggak usah jauh-jauh, contohnya saudara kita, ya Vita Warandika kelas XI AP 2. Ada apa sich dengan dia, bukan ada apa dengan cinta ya? He...he...Vita adalah yang mendapatkan Book Lover Award Perpustakaan kita tercinta periode 2008/2009. Soalnya Vita anak yang paling rajin ke Perpustakaan (ah...aku jadi pingin). Sudah tahu Vita kan? Sudah pati kita bisa menebak gimana seseorang yang gemar membaca. Siapa nanti yang akan mendapatkan Book Lover Award periode 2009/2010? Nah...bagi yang pingin dapat, rajin–rajin keperpustakaan ya, siapa tahu kan kamu yang dapat?
Membaca memerlukan waktu (ya...iyalah sudah pasti). Buat para pembaca, manfaatkanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Waktu adalah pedang dari kehidupan, jika kita tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka waktu yang kita sia-siakan akan menikam kita (istilahnya ya?). Sebagai seorang pelajar, jadikanlah membaca sebagai kewajiban, OK....sukses buat semuanya...selamat membaca dan buktikan manfaatnya (bukan khasiatnya ya, miriplah he...he...?).

By : Diana@ XII Ape Satoe



Baca juga artikel sebelumnya


IKUTILAH LOMBA PENULISAN ARTIKEL PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 BATANG

 0 Comments:

Post a Comment

<< Home