...........|| Sunday, April 3, 2011 ||

Seputar SMK

SEPUTAR SMK
Perkemahan Pelantikan Bantara thn 2010/2011


Perkemahan Pengukuhan Calon Penegak Bantara adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang seru di SMKN 1 Batang. Perkemahan ini diadakan wajib setiap tahun ajaran, guna melatih anggota Penegak agar bersikap mandiri, berbudi pekerti luhur, dapat menjalani kerja sama, kreatif, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berlandaskan Pancasila, Dasadharma dan Tri Satya ( sumber : Maratus Solekha ). Peserta diikuti oleh siswa kelas X yang berminat untuk menjadi Bantara, bukan hanya kemauan saja, fisik, mental, materi, dan tentunya niat yang didasari dari hati. Sedangkan panitianya Dewan Penegak atau biasa disingkat DP yang pastinya kelas XI. Dan dibantu DPA ( Dewan Pemangku Adat), IKADADIKARI, juga Pembina Pramuka.
Liburan semester pertama kemarin tepatnya tanggal 24-26 Desember 2010 Perkemahan Pelantikan Bantara tahun 2010/2011 ini berlangsung. Tanggal 24, adalah hari keberangakatan : pukul 14.30 Wib upaca pembukaaan berlangsung hingga sore. Setelah isoma, malamnya yang diisi dengan kegiatan diskusi juga pemilihan anggota Sanker ( Sangga Kerja ) yang terdiri dari 6 anak dipilih oleh DP.
Setiap kegiatan ada kesan tersendiri bagi peserta perkemahan. Mulai dari hiking malam: Protes karena harus berjalan sendiri-sendiri. Takut berjalan sendiri dengan suasana malam sepi yang diterangi cahaya lilin. Perasaan lega menemukan pos-pos, baik pos-pos inti maupun pos bayangan ( kecuali pos kampling maupun posyandu ). Kepikiran oleh suara iseng. Hinggan hiking siang : rasa geli, betapa tidak! Lima ekor ulat sehat menggeliat dikepalan tangan sepanjang rute hiking siang. Binggung mencari penunjuk arah. Was-was jika tersesat. Seru-seruan dipos DPA dan pos patriotisme. Rasa capek hilang setaelah malamnya ada kegiatan pentas seni. Setiap sangga diaharuskan menampilakan satu performen, entah itu drama, puisi, deklamasi, menyanyi, atau yang lainnya.
Saat nya berburu dek. Dini hari semua peserta dibangunkan guna menyusuri koridor kelas dengan penujuk lilin, setelah itu masuk keruangan gelap, meraba-raba hingga dek ditemukan. Setelah semua mendapatkan dek upacara pelantikan dimulai. Tanggal 26 Desember pukul 04.45 Wib Pradika tahun 2010/2011 yang berjumlah 49 anak : putri 45, putra 4 dilantik menjadi Bantara 2010/2011 SMKN 1 Batang. Semoga selalu kompak, berkualitas, semangat, dan bisa menjalankan tugas, kewajiban atau perintah denagn baik. AMIN.
Oleh : Imama wulandari X AK 1

 0 Comments:

Post a Comment

<< Home