...........|| Monday, December 8, 2008 ||

seputar smk edisi okt 2008

Ulangan Umum Semester SMK dengan LJK




Pada zaman serba cepat dan modern ini peran komputer merambah ke mana-mana. Di sekolah, sistem administrasi siswa, pegawai, keuangan, sampai materi pelajaran memakai komputer. Urusan periksa kertas ulangan atau ujian, yang dulu per lembarnya harus dipelototi guru, kini ”dilayani” dengan pemindaian.

Meski hasil ulangan cepat diperoleh, hal itu bisa merugikan murid sekolah. Mereka kini tak hanya mesti konsentrasi dengan rumus dan hafalan pelajaran, tetapi juga harus super teliti terhadap lembar jawab komputer (LJK). Meleset sedikit saja, kelewat hitam mengarsir bulatan, bisa membuat pelarik salah baca.

Dalam ulangan semester,verifikasi data untuk LJK pensil, pena, bulat, dan tingkat toleransi lembar yang miring, terbalik, atau sobek juga menjadi salah satu kelemahan dari penggunaan LJK yang merugikan murid(peserta test).

Pindai Lembar Jawaban
Pengolahan data yang berbasis pembacaan Lembar Jawab Komputer (LJK) memanfaatkan perangkat Image Scanner atau scanner image untuk memindai foto / gambar; dalam hal ini lembar jawaban siswa.
Dengan hadirnya software TESTScan, perangkat image scanner biasa yang dilengkapi ADF atau auto document feeder yang relatif murah dan mudah untuk dimiliki, dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses pembacaan dan pemrosesan lembar jawab komputer (LJK) sekaligus menghasilkan berbagai output data dan laporan yang dibutuhkan.
Ini tentunya merupakan solusi praktis dan murah bagi sekolah-sekolah di Indonesia untuk bisa menerapkan metoda koreksi ujian berbasis LJK dan scanner. Dengan TESTScan, koreksi,pengolahan nilai hingga analisis tingakt kesulitan soal bisa dilakukan dengan sangat cepat dan akurat.

Secara umum software TestScan memiliki fitur antara lain :


  1. Dapat dijalankan hanya dengan perangkat image scanner atau printer multifungsi, direkomendasikan yang dilengkapi fasilitas ADF (auto document feeder)

  2. Mampu melakukan pembacaan lembar jawab komputer (LJK) dan memvalidasi-nya secara simultan dan real-time sehingga proses pengolahan data dapat dilaksanakan dengan cepat.

  3. Dapat memanfaatkan kecepatan scanning dari perangkat scanner secara optimal, mulai dari 10 ppm (tergantung dari kemampuan scanner yg digunakan)

  4. Dilengkapi dengan built-in template form LJK yang lengkap dan telah didesain sesuai dengan kebutuhan sekolah seperti : ulangan/ ujian mid semester, tryout ujian akhir nasional, termasuk juga pendataan biodata siswa menggunakan form. Dapat dimanfaatkan baik di tingkat SD/SMP/SMA maupun SMK


 0 Comments:

Post a Comment

<< Home