...........|| Wednesday, October 24, 2007 ||

Profil Guru


Biodata

  • DRs.Sri Rahardjo

  • Lahir di Surakarta, 1 Januari 1963

  • Alamat sekarang di Jln.Meranti no.39, RT6/8, Kauman, Batang

  • Mulai mengajar di SMKN 1 Batang tahun 1991
  • Pendidikan Sarjana, Universitas Sebelas Maret

  • Jurusan FKIP Sejarah



Pengalaman Mengajar

  • Tahun 1987-1991, di SMA Islam Surakarta, mengajar PMP, Sejarah, Sosiologi

  • Tahun 1991-Sekarang, di SMK N 1 Batang; mengajar Koperasi, PSPB, Sejarah, Komputer, dan PMP



Pengalaman Kegiatan di luar Mengajar

  • Tahun 1968-1991 Tutor GAMA 88, Surakarat

  • Tahun 1992 Tutor PGSD Batang

  • Tahun 2004 Koordinator ENTRY DATA HASIL PEMILU, PILWAN-PILPRES KAB BATANG

  • Bulan April 2005-Mei 2006 Kegiatan Kemanusiaan di Aceh, Menjadi EMIS NAD dan NIAS dalam rangka Rehabilitasi dan Konstruksi Pendidikan

  • November 2006-Desember 2006, Pendataaan Pendidikan di PAPUA dalam rangka Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur

  • Pernah Menjadi Pembina Ekstra PRamuka dan PKS, OSIS

  • Mnejadi WAKA 2 Periode tahun 1999-2004



Wawancara Bisis

Di Batang ini, ada beberapa guru berprestasi; salah satunya adalah Pak Sri. Sudikah kiranya Bapak cerita pengalaman sewaktu mengikuti seleksi guru berprestasi?


Yang pertama saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah diberi kepercayaan untuk maju menjadi Guru Berprestasi; walaupun masih banyak teman-teman yang lebih baik dan berprestasi bagus, pertama dari SMK N 1 Batang maju ke Tingkat Kabupaten Batang dengan di bagi menjadi 4 kelompok:


  1. Tingkat TK

  2. Tingkat SD

  3. Tingkat SLTP

  4. Tingakt SLTA/SMK


Kami diuji oleh berbagai macam tes-tes uang ada. Alhamdulillah untuk tingkat SLTA/SMK, saya masuk rangking pertama; walapun dengan segaal sesuatu yang serba apa adanya.
Sesudah maju ke tingakt kabupaten, menibgkat ke tingkat propinsi JATENG. Dengan dia antar oleh dinas P dan K Kabupaten, kami berempat maju dengan optimis meskipun denagn seadanya.
Dari kabupaten, tidak ada yang masuk satu pun juga, walaupun Rangking tidak di bawah sekali tapi lumayanlah namanya juga Kabupaten Batang untuk hal ini memang kuarang mendapat perhatian.
UNtuk juara I, II, dan III memang untuk tingkat pendidikannay tinggi, ada yang S2 dan lulusan luar negeri itu guru dari SD pun banyak.
Untuk itu saya menghimbau marilah kita tingkatkan mutu Guru untuk membimbing anak-anak lebih maju dan berprestasi


Konon khabarnya munculnya atau lahirnya Jurusan Teknik Jarinagn (TKJ) adalah ide Pak Sri; termasuk pembuatan proposal samapi proses pengajuannya ke diknas. Bagaimana awal mulanya mincul ide seperti itu; sementara SMK kita ini adalah kelompok Bisnis Manajemen?


Saya hanya ingin SMK ini maju dan berkembang hingga bisa mendidik anak-anak menjadi manusia siap pakai dan menghasilkan sesuatu yang bermanfa'at



Selain tugas Bapak sebagai guru di SMK ini, Bapak juga pernah mewakili Batang untuk melakukan kegiatan School Mapping, kalau tidak salah, di Aceh dan PAPUA. Bisakah Bapak berbagi cerita pengalaman menarik selama bertugas di daerah rawan konflik tersebut?


Karena jiwa saya yang ingin berpengalaman dan maju oleh sebab itu setiap guru tidak hanya engajar dan mengajar saja; tapi bisa juga mencoba pengalaman-pebgalaman yang ada tanpa meninggalkan tugas utama sebagi guru.
Pertama saya ikut School Mapping untuk pendataan Kab. Batang dengan teman-teman hingga hampir kurang lebih 75 persen berhasil denagn segal daya upaya dan dibantu oleh guru-guru yang lain


Kedua, karena ada pemilu dan saya dengan teman-teman, siswa mendapat tugas untuk Data Entry (perhitungan Suara denagn cepat)lewat komputer maka saya di angkat menjadi Koordinator Data Entry Kab Batang untuk KPU BATANG. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan berhasil.
Ketiga, karena berprestasi di School Mapping dan KPU maka pada saat Provinsi Aceh dan Nias ada gempa dan Tsunami; untuk rehabilitasi dan rekronstruksinya, saya diajukan untuk ikut menangani di sana.
Untuk membantu di Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Jaya yang benar-benar parah dan hancur berat. Pertama saya kaget tapi karena tugas dan harus bertangung jawab, maka saya kerjakan walaupun medannya berat; tidur di tenda dan masih ada gempa susulan yang masih terus menerus, tetap saya laksanakan selama satu tahun lebih. Alhamdulillah berhasil.
Keempat, masih berlanjut untuk Pengembangan Pendidikan untuk wilayah timur, maka saya diikutkan lagi di PAPUA. Selama kurang lebih 3 bulan, dengan nyanyian Dari Sabang Sampai Merauke, maka benar-benar saya jalani; dari Aceh sampai PAPUA ini lebih berat lagi medannya, dengan wilayah yang tidak bisa dijangkau dengan darat tapi udara dan laut. Dan semuanya Alhamdulillah lancar dan saya bisa tahu suku Asmat dan perbatsan negara kita denagn PAPUA NUGINI.
Akhirnya, tidak henti-hentinya saya bersyukur kepada Allah karena saat ini saya akan berangkat lagi ke SULAWESI TENGGARA (Kendari); sebagai Konsultan ICT untuk melaksanakan tugas Percepatan Data Pokok Pendidikan di sana. Semoga berhasil.


Amiiin,. Pak Sri.Dan selamat bertugas; jaga iman, diri dan harta.


...baca juga profil BISIS Edisi 20 Bulan Mei 2009
Redaktur BISIS

 1 Comments:

At January 3, 2008 at 5:35 PM, Blogger agung said...

"Bingung mo komentar apa tapi saya selalu ingat ajaran Bpk. Drs Sri Raharjo tentang manusia purbanya.. Pak Masih ingat murid yang bandel ini gak ??? Saya Agung Hadi Susilo angkatan 2000/2001 saya dulu aktif di
Pramuka, Pecinta Alam n PKS. seneng banget bisa baca profil Bpk. Kangen banget rasanya dengan SMK 1 Batang n baru kemarin rasanya saya duduk di bangku kelas 3 Akun 1 tapi ternyata waktu berkata lain n sudah 7 tahun saya meninggalkan SMK tuk gapai asa. saya sekarang di Gorontalo pak tepatnya di Kanwil XXVI Ditjen Perbendaharaan Gorontalo."

 

Post a Comment

<< Home