...........|| Friday, December 28, 2007 ||

Qurban Desember 2007

KEGIATAN OSIS SMK 1 BATANG DI HARI QURBAN



Hari Raya Idul Adha atau sering dikenal masyarakat sebagai Hari Raya Qurban telah lewat 1 minggu yang lalu. Kali ini Keluarga Besar SMK 1 Batang mengadakan acara penyembelihan hewan qurban pada hari Kamis, 20 Desember 2007 di Desa Cempereng, Kecamatan Kandeman.
Dari iuran siswa sebanyak kurang lebih 740 siswa, tiap anak ditarik Rp. 15.000,-kami bisa belikan seekor sapi sebagai hewan Qurban kali ini.
Kami, Panitia Qurban OSIS dan MPK SMK 1 Batang, bersama pembina yakni; Pak Tri, pak Amir, dan Pak Kia, berangkat ke lokasi dengan menggunakan Pick Up; pada Rabu sore. Meskipun hujan, kita tetap bersemangat untuk menyelenggarakan acara tersebut.
Sore menjelang magrib, kami sampai di lokasi; dan untuk beberaap saat kami melepas lelah di salah satu rumah penduduk.
Malamnya, selepas Isya, kami mengadakan pertemuan denagn IRMUSBA di Masjid Al Ashaar, Cempereng. Pada pertemuan itu, kami membahas persiapan acara penyembelihan,dan pembagian daging Qurban untuk esok harinya. Setelah pertemuan selesai, kami yang laki-laki melanjutkan acara Takbiran sementara yang putri kembali ke rumah warga yang telah kami pilih sebelumnya.
Mentari telah muncul; warga setempat mulai berduyun menuju Masjid untuk sholat berjamaah dan khotbah Id.
Sang Surya telah di atas kepala, saat kami melakukan penyembelihan. Penyembelihan dan pengulitan dilakukan oleh petugas desa setempat; sementara pemotongan, penimbangan dan pembungkusan dilakukan oleh OSIS. Ada sekitar 400 bungkus lebih daging qurban yang bisa kami bagikan kepada warga sekitar; yang berhak untuk menerimanya.




Acara pemotongan dan pengulitan daging Qurban oleh OSIS SMK 1 Batang


Sementara sisa kami bagikan kepada warga SMK sekitar dan Yayasan yang telah mengajukan permintaan daging Qurban.




Seminar Pelatihan Jurnalistik SMK N 1 BATANG

Satu bulan yang lalu, tepatnya hari Minggu, 2 Desember 2007, BISIS yang bekerja sama dengan OSIS, mengadakan Seminar sehari tentang pelatihan jurnalistik. Acara yang mengambil tempat di ruang kelas X AK2, SMK N 1 Batang tersebut, dihadiri oleh sekitar 30 peserta. Pada kesempatan itu, yang menjadi pembicara adalah dari KOMUNITAS PENA, sebuah komunitas sastrawan Kota BATANG.




Suasana Seminar Pelatiahan Jurnalistik SMK N 1 Batang

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dibuka oleh KEPSEK, Bapak Drs. SUGITO, itu berlangsung hingga menjelang sore. Sessi inti, yang dimulai setelah sambutan dari Pembina BISIS dan Jurnalistik sekolah kita, Bapak Drs. Sudjono, disambut antusias oleh para peserta; yang kebanyakan merupakan Kru BISIS dan OSIS itu sendiri.
Kegiatan sehari ini diharapkan bisa mendorong semangat menulis dan meningkatkan kualitas menulis di kalangan siswa SMK N 1 BATANG.
Dengan adanya seminar jurnalistik yang hanya sehari tersebut, diharapkan kemampuan dan semangat menulis siswa menjadi meningkat.Artinya, menulis bukan lagi hal yang tidak menarik minat siswa; menulis menjadi aktifitas di kalangan siswa yang digemari. Selain itu bagi siswa yang telah memiliki hobi menulis, dengan adanya acara tersebut, kemampuan menulisnya semakin meningkat. Sehingga, siswa tidak asal menulis; tetapi mereka bisa menulis dengan baik. Kelak, tulisan mereka bisa diterima oleh dunia media massa dan jurnalistik; baik nasional maupun internasional.



mo baca lanjut:
Pacaran : antara manfaat dan kerugiannya
UAN Tahun 2008/2009 di BISIS Edisi 20
Hasil UAN Tahun 2008/2009 di BISIS Edisi 21

 0 Comments:

Post a Comment

<< Home