...........|| Friday, May 15, 2009 ||

iptek 20

Berapa Banyak Oksigen yang Kita Hirup



Pernakah kita berfikir berapa banyak oksigen yang telah kita gunakan secara cuma-cuma? Pasti jarang kita memikirkanya.
Manusia rata-rata memasukan udara dalam tubuh sebanyak delapan liter per menit.Dan dari delapan liter udara tersebut adalah 20 persen oksigen yang kita butuhkan.Jadi Sekitar 1,6 liter oksigen yang kita ambil dari udara untuk bernafas dalam tiap menitnya.
Harga oksigen di pasaran berkisar Rp. 40.000 per liter. Jadi, seandainya kita harus membayar oksigen untuk bernafas setiap menitnya, kita harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 64.000. Jadi kalau satu jam, berarti kita harus membayar RP. 3.840.000. Lalu kalau sehari, sebulan, setahun dan selama kita hidup; berapa uang yang harus kita bayar untuk oskigen yang kita hirup? Subhanallah. Untuk perkara yang sangat kita butuhkan Allah Yang Maha Pengasih dan Pemurah memang selalu memudahkan dan memberikannay gratis.
Sekarang bisa kita bayangkan betapa mahalnya biaya hidup kita di dunia ini seandainya kita harus membayar oksigen yang kita hirup. Alhamdulillah, Allah telah menyediakan oksigen di alam ini secara cuma-cuma; dengan menciptakan sebuah makhluk yang namanya tumbuh-tumbuhan.
Tumbuh-tumbuhan adalh penghasil oksigen di bumi ini. Dengan memanfaatkan sinar matahari, tumbuh-tumbuhan mengubah karbon dioksida di uadara menjadi oksigen. Makhluk ini pulala yang diberi hak oleh Allah untuk menyerap air tanah menjadi zat-zat makanan yang kita butuhkan untuk melangsungkan hidup.
Sanggupkah kita membayar semua nikmat ini? Tentu tidak akan pernah sanggup.


 0 Comments:

Post a Comment

<< Home