...........|| Monday, May 18, 2009 ||

mimbar siswa 20/1

Komputer dan Internet dalam Pendidikan



Indonesia terdiri dari 17000 pulau bahkan lebih dengan 300 jennis bahasa yang berbeda. Fenomena ini memerlukan teknologi komunikasi yang baik untuk sarana akses informasi yang dibutuhkan secara cepat. Komputer dan internet adalah sarana yang bisa menjawab akan permasalahan akses informasi yang cepat dan global untuk berkomunikasi, bisnis; lebih-lebih lagi untuk pendidikan yang sedang mengalami reformasi di negeri ini.
Millenia baru menjanjikan harapan bagi percepatan da perkembangan sektor pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, sistem komunikasi yang efesien dan efektif untuk menyebarkan informasi ke berbagai sektor pendidikan adalah mutlak diperlukan. Dengan sarana internet inilah komunikasi dan distribusi informasi lebih cepat dan akurat.
Berbagai penelitian dan riset-riset sejenis telah mengungkapkan bahwa salah satu cara yang efektif bagi sekolah yang ingin berkembang secara mandiri adalah lewat sharing informasi dan ide-ide kreatif melalui internet.
Tanggung jawab, dalam memasuki era globalisasi ini, adalah menyiapkan peserta didiknya untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat di dalam masyarakat dn dunia bisnis maupun pendidikan. Kemampuan untuk bebicara bahasa asing dan kemahiran komputer (computer literate) adalah dua kompetensi syarat untuk berkompetisi dalam lapangan pekerajaan di Indonesia dan di dunia Internasional.Dengan berkembang pesatnya teknologi informasi dan komputer jaringan, ketika kita melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, kita akan lebih mudah mengakses lebih banyak, cepat dan akurat informasi ilmu pengetahuan yang kita butuhkan.
Bagi guru, internet adalah sarana untuk:


  1. Menambah ilmu pengetahuan

  2. Berbagi sumber ilmu pendidikan dengan rekan sejawat

  3. bekerja sama dengan guru-guru di luar negeri dalam hal pendidikan, pengajaran dan pelatihan

  4. Berpatisipasi di forum tertentu dengan rekan seprofesinya baik lokal maupun internasional

  5. Mengkases informasi berkenaan pembelajaran secara instan dan akurat

  6. Mencari sumber bahana ajar yang relevan dan terbaru


Sementara itu, manfaat teknologi komputer jaringan dan internet bagi peserta didik antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Belajar mandiri secara lebih cepat

  2. Menambah pengetahuann yang relevan dengan mata diklat atau mata pelajaran yang diajarkan di sekolah

  3. mempermudah interaksi dan komunikasi antar siswa


Jadi, teknologi komputer dan internet dalam pendidikan adalah mutlak dibutuhkan. Terlepas dari efek negatif yang timbul dari teknologi ini, kita tidak bisa memungkiri berkembang pesatnya teknologi komputer dan jaringan bagi akses dan transfer informasi adalah sangat dibutuhkan untuk menunjang kemajuan pendidikan kita.


....baca artikel sebelumnya

 0 Comments:

Post a Comment

<< Home