...........|| Tuesday, May 12, 2009 ||

tips bisis 20

Tips-Tips Menjaga Lingkungan Agar tetap Sehat dan Nyaman



1. Senyum. Wajah Anda yang tersenyum memberi kebahagiaan buat orang lain. Perbuatan yang mudah dan murah tapi acap kali diabaikan. Cobalah tersenyum setiap kali berpapasan dengn rekan kerja Anda di kantor. Tidak perlu terlalu lebar, tapi jangan cuma basa-basi. Tersenymlah dengan tulus.

2. Beri Empati. Saat rekan Anda mengadukan kesulitannya pada Anda, dengarkan baik-baik dan cobalah pahami posisinya. Ucapkan kata-kata yang dapat menghiburnya. Syukur-syukur Anda dapat membantunya keluar dari kesulitan. Belajarlah untuk mengekspresikan empati Anda.

3. Helpful. Rekan kerja sangat berharga bagi Anda. Merekalah batu loncatan untuk meraih promosi. Ketika mereka terlihat sangat sibuk dikejar deadline sementara masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, jangan pelit memberikan bantuan.

4. Inisiatif. Ketika atasan atau senior Anda ingin cuti. Berinisiatiflah menawarkan apa yang bisa Anda lakukan, pekerjaan apa saja yang dapat Anda tangani semala mereka tidak ada di kantor. Tindakan ini sebagai cara untuk selalu komunikatif dan dalam rangka menjalin hubungan yang baik.

5. Jaga Sikap. Kepada rekan kerja yang lebih tua atau kepada atasan, perhatikan tutur kata Anda. Selain itu, jagalah ucapan Anda. Tahan keinginan untuk melontarkan komentar buruk terhadap rekan kerja. Karena siapa tahu, mereka inilah yang malah membantu Anda di kemudian hari.

6. Murah Pujian. Saat rekan kerja atau atasan Anda berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, berilah pujian yang tulus kepadanya. jangan pujian basa-basi, karena mereka mengetahui mana pujian yang tulus dan tidak. Meski sederhana, pujian Anda ini dapat berdampak positif untuk Anda dan juga diri mereka yang Anda puji.

7. Mengalah. Mengalah untuk menang. Saat rekan kerja melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan, bersikap mengalah lebih baik daripada berkonfrontasi. Anda akan dilihat sebagai orang yang bisa mengendalikan diri dan menang.

8. Jangan Gampang Menolak. Jangan mudah menolak ketika menerima tugas dadakan. Justru ini kesempatan Anda memberi kesan baik. Sikap ini juga menunjukan Anda sebagai orang yang bisa mereka Andalkan dan mau belajar. Selama tugas yang mereka berikan tidak menggangu pekerjaan dan batas kewenangan Anda, jangan buru-buru menolak. Terima saja, karena bisa mengubah poin di mata atasan.

9. Hindari Kalimat Terlarang. Menurut Ryan, penulis buku 60 Second And You’re hired, mengatakan bahwa ada 5 kalimat terlarang yang sebaiknya Anda hindari di kantor yaitu: “Maaf, saya sedang sibuk”, “Lho, itu kan bukan pekerjaan saya”, “Saya tidak tahu menahu”, “Saya sedang tidak bisa konsentrasi” dan “Saya sedang punya masalah keluarga”.
Nah, dengan begitu akan nyamanlah, sejuk, dan tenteram lingkungan kita; karena di antara kita tidak ada dengki, pemusuhan dan pertikaian.Sehingga mungkin tempat kita akan sesejuk manakala diteduhi oleh pepohonan yang rindang dan hijau menyegarkan mata; karena memang hakikatnya sejuknya lingkungan kita terbentuk oleh sejuknya hati-hati para penghuninya.



Tips-Tips Ramah Lingkungan di Sekolah




Tips kita kali ini dimulai dari lingkungan sekolah...soalnya kita adalah warga sekolah yang harus memiliki rasa tanggung jawab pada kenyamanan sekolah kita.
Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari,sejuk, hijau dan nyaman.
Pake buku bekas
Sebaiknya berhematlah dalam menggunakan kertas. Kalauu kiat sering mencatat, gunakan dan manfaatkan keras sehemat mungkin. Sisa-sisa buku semester lalu bisa kita pakai untuk mencatat di semester berikutnya. Jadi untuk semester berikutnya, kita tidak perlu membeli buku baru. Bahkan lebih kreatif lagi, kita bisa gunakan, kertas-kertas bekas foto kopi atau bekas apapun yang kemudian kita potong menjadi notes kecil pada bagian yang kosongnya.
2. Gunakan kertas bolak balik
Bila kita mencatat, jangan hanya memakai satu sisi halaman saja... kita mencatat pada kedua sisinya! Bukankah ini akan lebih menghemat?
3. Kurangi pemakaian kantong plastik bila berbelanja di kantin
Kita kadang berbelanja di kantin; apakah itu sekedar membeli jajan gorengan atau minuman; kadang kita memakai bungkus! Nah... kalau bisa, minimalisir pemakaian plastik itu. Lebih bijak lagi, kita bisa membawa wadah tempat jajan dari rumah;bisa tempat makan atau gelas portabel. Jadi, kalau kita belanja; kita memakai gelas atau tempat makan yang kita bawa.
4. Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah
Nah, agar hemat, sehat, dan kita bisa menjaga lingkungan; membawa bekal dari rumah sangat bagus untuk dilakukan! Jangan kita malu! kalu bisa, ajak teman-teman kita untuk sama-sama membawa bekal dari rumah.Selain hemat, cara ini juga bisa mempererat pershabatan kita.; makan dan minum bersama-sama di kelas atau dibawa ke kantin.
5. Buat poster tentang kampanye lingkungan
Kampanyekan kesadaran lingkungan. Caranya? kita bisa membuat poster, website, atau apapun; intinya kita kampanye sadar lingkungan.Tapi, perlu kita ingat;minimalisir sampah dengan cara memakai kertas daur ulang dalam membuat poster.
6. Kurangi memakai kendaraan
Selain hemat, hal ini juga sehat. Kita bisa hasung teman-temank ita untuk tidak membawa kendaraan sendiri. Bisa tidak kita melakukanya? Semuanya tergantung dari kekuatan niat kita masing-masing


...lihat postingan edisi Maret -Juni 2008
NEW Tips BISIS Edisi 21

  1. Tips dari Diana, XII Ap1


 0 Comments:

Post a Comment

<< Home